Pengenalan Mikrotik

Sunday, July 11, 2010

Mikrotik adalah salah satu dari RouterOS (ROS) yg paling banyak digunakan saat ini karena kemudahannya dan fitur lengkapnya. Untuk menggunakan Mikrotik anda harus membayar licensi sesuai dengan license level yg akan anda pilih (license level 4-6). Biasanya license level 4 sudah cukup untuk digunakan dalam sebuah warnet.

Anda harus tahu apa arti router itu sendiri.
Route = Jalur, Jadi dalam dunia networking Router adalah alat yg digunakan untuk mengendalikan jalur atau paket-paket frame data.


Fitur dalam sebuah router misalnya :

Firewall
Bandwidth Management
Web Proxy
etc.


Biasanya Mikrotik di instal ke sebuah CPU dengan minimal 2 buah ethernet card.
1 ethernet ditujukan ke switch sebagai gateway client.
1 ethernet lagi ditujukan ke modem sebagai Internet Gateway.


Requirement yg dibutuhkan Mesin mikrotik tidak terlalu besar, anda bisa menginstalnya pada Pentium-III dengan RAM dan HDD yg tidak terlalu besar. Jika anda menginstal modul web-proxy saya sarankan anda menginstalnya pada Pentium-IV dengan RAM 1 GB dan HDD yg lumayan besar, karena web-proxy membutuhkan resource yg besar untuk menghandle object cache web.

Seiring berjalannya waktu sekarang mikrotik telah mengeluarkan product hardwarenya, yg dikenal dengan istilah DOM dan Routerboard.


DOM adalah product dari Mikrotik yg berjenis SSD storage yg sudah terinstal Mikrotik OS didalamnya dengan kapasitas tidak terlalu besar, kira-kira 128 MB - 1 GB yg hanya digunakan sebagai tempat penyimpanan Operating Systemnya, Jika anda berkeinginan menginstal modul web-proxy saya sarankan anda juga menyediakan sebuah Hardisk standard sebagai tempat penyimpanan object cache web.




Routerboard adalah product hardware dari Mikrotik yg menggantikan mesin CPU dan juga sudah terinstal Mikrotik OS didalamnya dengan beberapa ethernet interface. Jadi anda tidak perlu lagi membeli atau merakit sebuah CPU untuk menginstal Mikrotik. Sama seperti DOM biasanya kapasitas storage yg disediakan tidak terlalu besar yaitu hanya sekitar 32-512 MB dan tidak diperuntukan untuk mengaktifkan web-proxy nya walaupun ada juga salah satu jenis routerboard yg menyediakan secondary storage berupa mini SD, saya sarankan jika anda ingin menggunakan web-proxy anda bisa menggunakan Mesin external Linux dengan menginstal modul squid2.7stableX (support ZPH marking) didalamnya.

AddThis Social Bookmark Button

0 comments: to “ Pengenalan Mikrotik