Membangun Sebuah Warnet - part 1

Sunday, January 25, 2009

Postingan kali ini saya ingin sedikit men-sharing apa saja yang telah saya lakukan dalam membangun sebuah warnet....
Warnet di bagi dalam 2 jenis yaitu game center dan warnet hanya untuk browsing, chating, rental. Sebuah game center membutuhkan dana yang lebih besar dalam membangun system komputernya. Karena untuk men-support game2 OL yang semakin hari semakin membutuhkan resource komputer yang semakin tinggi dan tentu saja akan semakin mahal dana yang harus anda keluarkan.
OK. Anggap saja kali ini kita akan membahas tentang apa saja yang di butuhkan dalam membangun sebuah warnet biasa.
Dana yang dibutuhkan juga relatif. tergantung dari hardware yang anda gunakan.
Misalnya :

1. Monitor yang digunakan. Penggunaan Monitor CRT tentu saja lbh murah tetapi jangan lupa dalam memperkirakan daya listrik yang harus anda butuhkan, Sebuah monitor LCD menggunakan daya lebih kurang hanya 40% dibandingkan monitor CRT. Pertimbangan lainnya monitor LCD lebih tahan panas dibandingkan CRT sehingga mungkin lbh tahan banting dan awet.

2. Mouse + Keyboard. Ya mungkin pada bagian ini saya tidak terlalu komentar terlalu banyak karena ini tergantung pilihan anda apakah ingin menggunakan yang biasa ato yang sedikit lbh mahal. Saran saya anda juga perlu memikirkan kepuasan pelanggan. Jangan karena keyboard warnet anda sepi pelanggan. Just kidding...


3. CPU. Dalam hal ini sebuah warnet biasa tidak perlu menggunakan resource yang terlalu tinggi. Mungkin cukup dalam tahap toleransi OS dapat berjalan dengan mulus dengan paket Office nya.


4. Headset + Webcam. Pertimbangan lain dari warnet biasa adalah apakah anda menyediakan headset dan webcam untuk user anda di warnet. Sekarang sudah banyak webcam dengan harga terjangkau dengan kualitas yang cukup bagus walaupun dalam keadaan kurang cahaya sekalipun.


Sebelum anda membangun sebuah warnet, sebaiknya ada membaca beberapa artikel lain agar dapat menjadi pertimbangan lain.

Anda harus mempersiapkan software2 yang dibutuhkan dari billing system, AV, networking utilities, software client, software billing, deepfreeze, dll.
Persiapkan juga sebuah switch hub, kabel UTP, kabel tester, dan mungkin sebuah modem back-up jika anda menggunakan speedy sebagai provider internet anda.
Sekian Posting saya kali ini. Jika ada waktu mungkin akan saya edit dan tambahkan beberapa hal yang lain.

AddThis Social Bookmark Button